Dandim 0830/Surabaya Utara Hadiri Rangkaian Kegiatan Upacara Peringatan HUT TNI ke-78

Surabaya, liramedia.co.id. - Genap berusia 78 tahun TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sama seperti di tahun sebelumnya, di tahun ini perayaan HUT TNI diperingati dengan rangkaian kegiatan upacara dan defile.

Adapun Komandan Kodim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho, S.I.P. turut hadir dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Dermaga Madura Ujung Koarmada II Jl. Ujung Kec. Semampir, Kamis (05/10/2023).

Pada peringatan HUT TNI Ke-78 ini mengusung tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju", yang mempunyai makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Hal ini berkaitan dengan beberapa waktu ke depan dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

Dalam Upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara Mayjen TNI Farid Makruf, M.A (DanGartap III/Surabaya), Komandan upacara Letkol (Mar) Hendro Hendro Wijiantoro, S.H., M.Tr. Opsla. (Paspers Menbanpur 2 Marinir) dan diikuti oleh personel gabungan dari prajurit TNI AD, AL, AU, PNS Dephan dan Gabungan Komcad, Satpol PP, Pramuka dan FKPPI.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A yang dibacakan DanGartap III, beliau memberikan penekanan kepada seluruh prajurit agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas.

Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng HUT TNI, ucapan selamat ulang tahun kepada Kapolda Jatim (Irjen. Pol. Dr. Toni Harmanto, MH) yang ke 58 tahun, penampilan Gendang Suling Gita Jala Taruna AAL dan diakhiri dengan defile pasukan dan alutsista TNI.

Pendim 0830/SU. Bbh.

liramedia.co.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top