Dewan Kesenian Jatim Siap Berikan Advokasi ke Budayawan di Gresik

Liramedia.co.id – Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT), Taufik Hidayat menegaskan bahwa pihaknya siap memberikan advokasi kepada para budayawan yang melaksanakan ritual budaya di Kabupaten Gresik. Hal ini ditegaskan Taufik Hidayat atau dipanggil Taufik Monyong di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, pada Senin 13 Juni 2022.

Ritual budaya yang dimaksud ialah pelaksanaan ritual kebudayaan dengan mengawinkan manusia dengan kambing. Manusia tersebut diperankan oleh Saiful Arif (44 tahun), yang dijuluki sebagai Satrio Piningit. Sedangkan kambing diberi nama Sri Rahayu bin Bejo.

Pelaksanaan ritual budaya itu dilakukan secara simbolis pada Minggu, 5 Juni 2022 di Pesanggrahan di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Ritual budaya tersebut sempat viral dan dianggap sebagai penistaan agama oleh MUI Gresik, dan juga dilaporkan ke Polres Gresik.

Tetapi, Taufik Hidayat tak terima jika pelaksaan ritual budaya itu disangkutpautkan dengan agama tertentu. Menurutnya, itu murni sebagai simbol budaya dan tidak ada kaitan dengan agama tertentu, apalagi melecehkan. Untuk itu, Dewan Kesenian Jatim siap memberikan advokasi dan memberikan penjelasan kepada pihak-pihak yang menganggap ritual budaya itu sebagai pelecehan agama. (rif)

 

liramedia.co.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top