Fakultas Ekonomika Bisnis Unesa Menggelar Seminar Statistik

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Seminar Statistik dengan fokus pada "Penguatan dan Pengenalan Statistik Sektoral dalam Kebijakan Ekonomi" pada Senin, 2 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium G6, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unesa, Jalan Ketintang, Kota Surabaya.

Seminar tersebut bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan penerapan statistik dalam konteks kebijakan ekonomi.

Pemerintah Republik Indonesia mengakui peran penting statistik sebagai alat kunci dalam proses pengambilan keputusan terkait kebijakan ekonomi. Statistik membentuk pondasi yang kuat untuk memahami dan mengukur berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan statistik di seluruh sektor kehidupan.

Dalam perspektif akademik, Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. (Wakil Dekan 2 FEB Unesa) menyampaikan bahwa pemahaman statistik memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, dosen, dan kampus secara keseluruhan. Mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam penelitian, analisis data, dan pengambilan keputusan yang didasarkan pada bukti kuat.

Kemampuan ini membantu mereka mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan kemampuan komunikasi yang diperlukan di berbagai disiplin ilmu.

Di sisi lain, bagi dosen, keahlian dalam mengajarkan statistik adalah aset yang tak ternilai. Hal ini memungkinkan mereka membantu mahasiswa memahami konsep yang kompleks dan mempersiapkan mereka untuk dunia nyata di mana analisis data memiliki peran krusial.

Pojok Statistik di kampus bukan hanya sekadar ruang, melainkan investasi dalam kualitas pendidikan dan penelitian. Tempat ini memberikan akses terhadap sumber daya esensial seperti buku referensi, perangkat lunak statistik, dan peralatan komputasi, yang mendukung pembelajaran dan riset berkualitas. Lebih jauh, Pojok Statistik memfasilitasi kolaborasi antara fakultas dan mahasiswa dalam penelitian multidisiplin, berpotensi menghasilkan penemuan-penemuan berharga.

Dengan tujuan utama untuk memperdalam pemahaman statistik, seminar ini menghadirkan dua ahli di bidangnya.

Yakni Dr. Prayudi Setiawan, S.T., S.E., M.E., akan membahas penguatan statistik, sementara Evy Trisusanti, S.Si., M.T., M.Sc, akan memberikan wawasan tentang statistik sektoral. Acara ini didukung oleh moderator berpengalaman, Dandi Fernanda dan Marsella Br Tambunan, untuk memastikan terjadinya diskusi yang produktif dan informatif.

Peserta Seminar Statistik Unesa

Pentingnya memiliki Pojok Statistik di kampus tidak hanya terletak pada manfaat langsung yang diberikannya kepada mahasiswa dan dosen, tetapi juga pada kontribusinya terhadap reputasi kampus. Fasilitas yang lengkap dan fokus pada pengembangan kompetensi statistik, membuat kampus menjadi tempat yang diminati bagi calon mahasiswa dan peneliti.

“Inilah yang menciptakan lingkungan akademik yang dinamis dan berdaya saing. Oleh karena itu, memiliki Pojok Statistik adalah suatu keharusan untuk mendukung pendidikan dan penelitian yang unggul di kampus,” katanya.

Seminar ini dihadiri dengan semangat tinggi oleh mahasiswa Unesa dari berbagai angkatan. Hal itu menunjukkan antusiasme mereka terhadap penerapan statistik dalam kebijakan ekonomi.

Ketua Pojok Statistik, Kukuh Setyawan S.PD., M.E., berharap bahwa melalui seminar ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya statistik dalam konteks kebijakan ekonomi. Selain itu, diharapkan pula bahwa peserta akan terinspirasi untuk mengaplikasikan konsep statistik dalam bidang masing-masing, mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan efisien.

Diharapkan bahwa seminar ini akan memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kualitas kebijakan ekonomi dan penggunaan data yang lebih efektif. Dengan penerapan statistik yang tepat, diharapkan pertumbuhan ekonomi yang lebih stabil dan berkelanjutan dapat terwujud. (*)

Reporter : Arif

 

liramedia.co.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top