Rp 1,7 Miliar Sudah Disalurkan Bagi Peternak Terdampak PMK, Bupati Fandi Akhmad Yani Harapkan Peternak Kabupaten Gresik Kembali Bangkit.

Gresik, liramedia.co.id. - Sebanyak 147 peternak terdampak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Gresik, menerima bantuan pemerintah berupa dana kompensasi sebesar Rp 10 juta per ekor sapi dan Rp 1,5 juta per ekor kambing. Totalnya, senilai Rp 1,7 miliar disalurkan kepada para peternak, Senin (06/03/2023) sore.

"Alhamdulillah, kami merasa syukur. Apa yang menjadi upaya kita terkait dengan memperjuangkan para peternak yang menjadi korban PMK. Sore ini kita memberikan bantuan dari pusat, kepada peternak di Kabupaten Gresik yang sudah di verifikasi baik dari pusat maupun provinsi dan kabupaten," terang Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani selepas penyerahan bantuan dalam bentuk buku tabungan.

Bupati Yani menceritakan ketika wabah PMK melanda, dirinya melihat secara langsung dampak yang dialami oleh peternak. Saat itu, kala bertemu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dirinya menyampaikan bahwa para peternak membutuhkan kehadiran pemerintah untuk kembali bangkit.

Karenanya bantuan yang diberikan ini memang tidak bisa menutup semua kerugian peternak. Namun Bupati Yani berharap bantuan yang diberikan hari ini bisa menjadi stimulus dan motivasi bagi peternak yang ada di Kabupaten Gresik. Dirinya mengimbau kepada para peternak untuk menggunakan bantuan ini secara bijak, seperti membeli anakan sapi sebagai awal yang baru.

"Bantuan senilai Rp 10 juta ini sifatnya hanya menjadi motivasi kepada para peternak. Motivasi agar tetap menjadi peternak-peternak yang hebat di Kabupaten Gresik," tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati Yani juga mengajak seluruh peternak untuk menerapkan sistem perawatan yang lebih profesional dan higienis. Hal ini lantaran berbagai jenis penyakit sudah terdeteksi keberadaannya seperti penyakit cacar sapi dan flu burung.

"Intinya adalah bagaimana kita harus bergeser menjadi lebih profesional. Menjaga kebersihan kandang, standar masuk kandang juga harus diperhatikan. Tujuannya adalah menjaga dan merawat hewan ternak kita," pungkasnya.

Humas Pemkab. Bbh.

liramedia.co.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top