Ruwah Desa Driyorejo Kec. Driyorejo Gelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Gresik, liramedia.co.id. – Masyarakat Desa Driyorejo, kecamatan Driyorejo mengadakan tradisi tahunan yaitu pagelaran wayang kulit dalam rangka Ruwah Desa (Sedekah Bumi) yaitu ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi, dan dijauhkan dari wabah penyakit. Tujuannya selain rasa syukur tadi sekaligus sebagai tindakan tolak bala dan penghormatan terhadap para leluhurnya.

Rangkaian kegiatan Ruwah Desa yang diselenggarakan di pendopo balai Desa Driyorejo Minggu (12/03/2023) ini masih dipelihara dan dijalankan dengan sangat khidmat oleh masyarakat Desa Driyorejo sesuai yang diwariskan orang-orang tua dahulu, antusiasme warga begitu terasa terlihat dari banyaknya warga yg mengikuti acara tersebut.

Acara pagelaran wayang kulit berlangsung semalam suntuk dengan Dalang Ki Suparno dan Ki Bagus Mustika Aji dari Kabupaten Gresik berduet dalam satu layar. Setelah ngidung, ngremo dan campursari kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan lakon ki lurah semar kembar. Turunnya Wahyu pamong sejati untuk Ki lurah Semar Bodronoyo.

Kepala Desa Driyorejo Choirul Mahcmud intinya menyampaikan ungkapan rasa syukur pada Tuhan yang Maha Esa atas diselenggarakan Ruwah Desa sedekah bumi dalam wujud pagelaran wayang kulit, yang sebelumnya pada hari Sabtu tanggal 11 Maret 2023 dilaksanakan Tahlil Kubro sore hari bersama KH. Abd Fattah Mahdi dari Sidoarjo, Minggu 12 Maret 2023 pagi diadakan Barikan siang dilanjut wayang kulit dan malamnya digelar wayang kulit semalam suntuk, diawali campur cari.

Acara dapat berjalan aman, lancar dan terkendali berkat partisipasi semua pihak, khususnya panitia Ruwah Desa Driyorejo yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini Sampai pagi.

Reporter. Bbh.

liramedia.co.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top